KINERJA BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MENYALURKAN LULUSAN SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

JAHID, FAUZAN (2018) KINERJA BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MENYALURKAN LULUSAN SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi_Fauzan Jahid_13504241048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran BKK SMK Nasional Berbah, ketercapaian BKK SMK Nasional Berbah, faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja BKK SMK Nasional Berbah dalam membantu menyalurkan lulusan SMK Nasional Berbah Sleman memasuki dunia kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah pengurus BKK yang berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Kuesioner digunakan pada pengurus BKK untuk semua variabel. Dokumentasi berupa lembar pencocokan terkait data administrasi BKK seperti data perusahaan yang bekerjasama, data lulusan yang tersalur ke dunia industri, program kerja dan lain-lain. Sementara wawancara untuk memperkuat data dari kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan mentabulasi data setelah dilakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) BKK telah menjalankan perannya dalam membantu menyalurkan lulusan dengan cukup baik (68,83%) yaitu dengan diselenggarakannya beberapa kegiatan seperti penyampaian informasi dunia kerja, bekerjasama dengan lembaga pemerintahan dan swasta, mengadakan bimbingan karir dsb. (2) Tingkat Ketercapaian BKK dalam membantu menyalurkan lulusan ke industri cukup baik (65,6%). BKK cukup mampu menyalurkan lulusan ke berbagai dunia industri dan didukung oleh mitra kerjasama di dunia industri yang rutin. (3) Faktor pendukung BKK antara lain : dukungan dari seluruh pihak sekolah, dukungan Disnakertrans, fasilitas yang cukup memadai, sebagian alumni dan dunia industri aktif bekerjasama dengan BKK. (4) Faktor penghambat BKK antara lain : kurang lancarnya komunikasi dengan beberapa alumni yang belum bekerja, serta ada ketidaksesuaian antara lowongan pekerjaan dengan kompetensi yang ada di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Bursa Kerja Khusus
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57939

Actions (login required)

View Item View Item