PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK ESA PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY

Abidi, Syahril Farkhan (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK ESA PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
14504241026_pendidikan teknik otomotif.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada materi sistem pengapian elektronik kontrol komputer electronic spark advance (ESA) program studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research and development dengan model Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 proses penelitian yaitu: (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Pengembangan produk video menggunakan software Microsoft PowerPoint. Subjek uji coba ahli materi 1 orang dan ahli media 1 orang. Uji coba skala kecil 12 orang dan uji coba skala besar 36 mahasiswa kelas A PT Otomotif FT UNY 2015. Tempat penelitian dilaksanakan di PT Otomotif FT UNY. Metode pengumpulan data dengan instrumen berupa lembar penilaian untuk para ahli, dan kuesioner untuk mahasiswa. Untuk menganalisis data dilakukan statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Berupa media pembelajaran video tutorial berbasis Microsoft PowerPoint dengan format (Pptx) dengan besar memori 389,6 MB. Media pembelajaran ini compatible dengan OS windows. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran sebagai berikut: ahli materi menyatakan sangat layak (3,83 dari skala 5), ahli media menyatakan layak (3,36 dari skala 5) , uji coba skala kecil dinyatakan layak (3,16 dari skala 5), dan uji coba lapangan skala besar dinyatakan layak (3,23 dari skala 5). Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran video tutorial untuk materi sistem pengapian elektronik (Electronic Spark Advance ESA) berbasis PowerPoint dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: R&D, Media Pembelajaran, Video, Sistem pengapian, ES
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57936

Actions (login required)

View Item View Item