UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK A TK KUNCUP MELATI KUTON BERBAH SLEMAN

Vitri, Sejati (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN KELOMPOK A TK KUNCUP MELATI KUTON BERBAH SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Vitri Sejati_14111241002_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak kelompok A di TK Kuncup Melati, melalui metode bercerita dengan media boneka tangan. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan kemampuan berbicara pada kelompok A yaitu keterampilan berbicara anak belum lancar, penempatan jeda saat berbicara, pemilihan kata belum sesuai dan sasaran pembicaraan anak belum tepat. Metode yang digunakan yaitu metode bercerita. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilakukan di TK Kuncup Melati, Kuton Berbah Sleman. Subjek yang diteliti adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita disertai media boneka tangan telah mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara pada anak-anak di kelompok A TK Kuncup Melati. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil observasi kemampuan berbicara anak pada Pratindakan yaitu 25%, kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Peningkatan itu terjadi karena metode bercerita disertai media boneka tangan lebih menarik dan membuat anak berperan aktif dalam pembelajaran sehingga kemampuan berbicara anak dapat meningkat. Kata kunci: kemampuan berbicara, bercerita, boneka tangan, kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Jul 2018 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57930

Actions (login required)

View Item View Item