MAKNA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI

Pranantyo, Reza Alfa (2018) MAKNA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH INKLUSI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terbatasnya informasi ilmiah mengenai pendidikan inklusi menjadi masalah dalam literatur pendidikan Indonesia. Hal ini terjadi karena pendidikan inklusi masih relatif baru di dunia pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian yaitu menggali makna pembelajaran penjas pada peserta didik penyandang disabilitas di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan penelitian adalah 10 guru pendidikan jasmani yang mengajar di sekolah inklusi di Yogyakarta. Data didapatkan dengan teknik wawancara mendalam dan wawancara dengan teknik photo-elicitation. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Akan tetapi ketika menjadi instrumen peneliti menggunakan protokol wawancara sebagai alat bantu. Analisis data menggunakan 2 prosedur dalam pendekatan penelitian fenomenologi, yaitu horizonalisasi dan diskripsi tekstural. Hasil Penelitian menyajikan deskripsi tekstural makna pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi. Deskripsi tekstural menggambarkan bahwa makna pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusi meliputi (1) foto artistik, (2) metafora makna, (3) makna atas pengalaman pembelajaran, dan (4) opini terhadap makna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fenomenologi, pembelajaran, pendidikan jasmani inklusi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2018 06:43
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57924

Actions (login required)

View Item View Item