PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Rohmah, Fadilah and Dwisiwi, Rahayu (2018) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
13. SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan LKPD dengan pendekatan inkuiri berbasis SETS yang layak digunakan untuk pembelajaran materi pokok usaha dan energi pada peserta didik SMA (2) mengetahui peneningkatan penguasaan materi peserta didik SMA yang menggunakan LKPD dengan pendekatan inkuiri berbasis SETS pada materi pokok usaha dan energi (3) mengetahui pencapaian keterampilan proses sains peserta didik SMA yang menggunakan LKPD dengan pendekatan inkuiri berbasis SETS pada materi pokok usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Ali Maksum. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perangkat pembelajaran yaitu RPP, LKPD, Soal pretest posttest dan instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, lembar pengamatan dan rubrik penilaian keterampilan proses sains, angket respon peserta didik, Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis kelayakan instrumen dan analisis hasil respon peserta didik menggunakan Simpangan Baku Ideal, tingkat persetujuan assessor menggunakan Precentage of Agreement, analisis keterlaksanaan RPP menggunakan Interjudge Agreement, analisis validitas kisi-kisi soal menggunakan CVR dan CVI, analisis peningkatan penguasaan materi menggunakan standard gain, analisis pencapaian keterampilan proses sains menggunakan KPS. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Produk LKPD pendekatan inkuiri berbasis SETS yang layak digunakan dengan kategori kualitas sangat baik dan tingkat persetujuan validator 91,91% (2) Besar peningkatan penguasaan materi peserta didik dengan hasil analisis standard gain uji terbatas adalah 0,69 kategori sedang dan uji lapangan adalah 0,75 kategori tinggi (3) Pencapaian keterampilan proses sains peserta didik dengan hasil analisis dari pertemuan pertama 54,45% kategori sangat kurang baik pada uji terbatas dan 56,67% kategori kurang baik pada uji lapangan . Pertemuan kedua 78,48% kategori baik pada uji terbatas dan 71,42% kategori cukup baik pada uji lapangan. Pada pertemuan ketiga 90,76% kategori sangat baik pada uji terbatas dan 79,28% kategori baik pada uji lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendekatan Inkuiri, SETS, Usaha dan Energi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 16:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57923

Actions (login required)

View Item View Item