IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUATAN PEMINATAN KEJURUAN KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH

Martanto, Tri (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUATAN PEMINATAN KEJURUAN KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah TAS_Tri Martanto_14504241014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran muatan peminatan kejuruan kelas XI teknik kendaraan ringan otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah yang meliputi aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan peserta didik muatan peminatan kejuruan kelas XI teknik kendaraan ringan otomotif SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah yang berjumlah 5 guru dan 49 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup dan angket terbuka. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan validasi isi dan validasi konstruk. Uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam aspek perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sepenuhnya terlaksana. Namun dalam mengimplementasikan perencanaan pembelajaran guru masih mengalami hambatan dalam mempersiapkan sumber dan media pembelajaran, di mana belum tersedianya buku pegangan peserta didik teknik kendaraan ringan otomotif yang berbasis Kurikulum 2013 dan media penunjang praktik masih terbatas dalam hal teknologi. (2) Implementasi Kurikulum 2013 dalam aspek pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori sepenuhnya terlaksana. Namun dalam mengimplementasikan pelaksanaan pembelajaran guru masih mengalami hambatan, yaitu beberapa peserta didik masih pasif dan sulit dikontrol baik secara mandiri ataupun pada saat diskusi kelompok untuk memahami materi ajar. (3) Implementasi Kurikulum 2013 dalam aspek penilaian pembelajaran berada dalam kategori sepenuhnya terlaksana. Namun dalam mengimplementasikan penilaian pembelajaran guru masih mengalami hambatan, di mana rasa percaya diri dan motivasi belajar peserta didik yang rendah, sehingga beberapa peserta didik dalam mengerjakan tes pengetahuan tidak jujur atau bekerja sama dengan temantemannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57921

Actions (login required)

View Item View Item