PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH TEKNIK PEMELIHARAAN DAN REPARASI BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FT UNY

Robbani, Habib (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH TEKNIK PEMELIHARAAN DAN REPARASI BAGI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRONIKA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA FT UNY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_16502247001_Habib Robbani.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata kuliah teknik pemeliharaan dan reparasi kurang efektif dan tidak terstruktur sehingga membutuhkan bahan ajar berupa modul. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar moduk pada mata kuliah teknik pemeliharaan dan reparasi di Prodi D3 Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Dan (2) Menguji kelayakan bahan ajar modul mata kuliah teknik pemeliharaan dan reparasi pada ahli materi, ahli media dan responden. Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar mata kuliah teknik pemeliharaan dan reparasi dengan menggunakan metode 4D Model yaitu (1) Pendefinisian (Define), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), (4) Penyebaran (Disseminate) dengan memiliki 8 tema kegiatan pembelajaran terdiri dari 4 pemeliharaan (komputer, printer, air conditioner dan speaker aktif) dan 4 reparasi (kipas angin, rice cooker, dispenser dan setrika listrik). Metode pengumpulan data melibatkan dua ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran. Uji kualitas produk dilakukan pada 13 mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Diploma III Teknik Elektronika Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik analisis data untuk kelayakan bahan ajar menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Pengembangan menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar mata kuliah teknik pemeliharaan dan reparasi, validasi materi memperoleh tingkat kelayakan 86% Sangat Layak, validasi media memperoleh tingkat kelayakan 84% Sangat Layak, Sedangkan kualitas produk dari mahasiswa memperoleh tingkat kelayakan 81% Layak. Hal ini menunjukan bahwa modul teknik pemeliharaan dan reparasi telah layak dan sesuai sebagai pembelajaran pada pembelajaran teknik pemeliharaan dan reparasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Teknik Pemeliharaan dan Reparasi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Aug 2018 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57918

Actions (login required)

View Item View Item