Nugroho, Rizki Aditya (2018) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH DASAR MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
PDF Skripsi Rizki Aditya Nugroho.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Siswa Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler futsal selama ini kemampuan motoriknya belum diketahui dan belum pernah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan motorik siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan motorik dari Nurhasan (2004: 6.6) yang meliputi: kelincahan, koordinasi mata tangan, keseimbangan dan kecepatan. Tes ini mempunyai validitas sebesar 0,87 dan reliabilitas sebesar 0,93. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa peserta ekstrakurikuler futsal di Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler futsal di Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta sebagai berikut: terdapat 1 siswa (4,76%) dalam kategori baik sekali, 6 siswa (28,58%) dalam kategori baik, 8 siswa (38,08%) dalam kategori sedang, 5 siswa (23,81%) dalam kategori kurang, dan 1 siswa (4,76%) dalam kategori kurang sekali
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Motorik, Siswa Sekolah Dasar, Ekstrakurikuler Futsal |
Subjects: | Olahraga Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 04:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |