EFEKTIVITAS MASASE TERAPI METODE ALI SATIA GRAHA DENGAN STRETCHING TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN RINGINSARI SLEMAN

Delano, Enggista Hendriko (2021) EFEKTIVITAS MASASE TERAPI METODE ALI SATIA GRAHA DENGAN STRETCHING TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN RINGINSARI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_enggista hendriko delano_17603141001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan masase terapi metode Ali Satia Graha dengan stretching terhadap tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di Dusun Ringinsari, Desa Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-5 Januari 2021 di Dusun Ringinsari, Maguwoharjo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan rancangan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Dusun Ringinsari yang mengalami hipertensi sebanyak 25 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 14 orang yang dipilih menggunakan kriteria tertentu. Isntrumen penelitian yang digunakan adalah Spygnomanometer digital yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. perlakuan yang diberikan berupa masase terapi penyakit degeneratif hipertensi metode Ali Satia Graha selama 20 menit kemudian dilanjutkan pemberian laihan stretching selama 20 menit. Teknik analisis data menggunakan paired-t test untuk mengetahui signfikansi perbedaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sistole sebelum perlakuan sebesar 158,36 mmHg dan setelah perlakuan turun menjadi 137,93 (12,90%) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Tekanan darah diastole sebelum perlakuan 98,07 mmHg dan setelah perlakuan 86,79 (11,50%) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. sehingga kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah masase metode Ali Satia Graha dengan stretching efektif menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di Dusun Ringinsari, Naguwoharjo, Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: masase terapi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Feb 2021 05:01
Last Modified: 02 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57915

Actions (login required)

View Item View Item