Evaluasi Pendidikan Akhlak Mulia Bagi Peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Cilacap

Amanah, Siti (2018) Evaluasi Pendidikan Akhlak Mulia Bagi Peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-amanah- 14701251010.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai program pendidikan akhlak mulia bagi peserta didik di MAN Kabupaten Cilacap dan bertujuan untuk mengevaluasi: 1) persiapan program; 2) pelaksanaan program; 3) hasil program. Model evaluasi yang digunakan yakni model evaluasi Stake Countenance yang terdiri dari tahap antecedent, transaction, dan outcome. Penelitian ini dilakukan di MAN Cilacap, MAN Kroya, dan MAN Majenang. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak, Ketua Komite Madrasah, dan Peserta Didik kelas XII. Penentuan responden Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak, dan Ketua Komite Madrasah dengan Purposive sampel technique sedangkan sampel 276 peserta didik kelas XII dengan Proportional Random Sampling technique menggunakan rumus Slovin taraf signifikansi 5%. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Pengujian validitas isi berdasarkan expert judgments dan validitas konstruks angket berdasarkan Eksploratory Faktor Analysis (EFA). Estimasi reliabilitas angket dengan formula Cronbach Alpha sedangkan reliabilitas instrumen observasi dengan formula Intraclass Correlation Coefficient. Analisis data kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif sedangkan analisis data kualitatif dengan pendekatan analisis interaktif berkelanjutan dari Miles & Huberman. Hasil penelitian ini yaitu: 1) persiapan (antecedent) pendidikan akhlak mulia terkait sumber daya, tujuan dan ruang lingkup materi akhlak, serta sarana prasarana mencapai 75% dalam kategori baik; 2) pelaksanaan ( transaction) pendidikan akhlak mulia terkait waktu pelaksanaan dan metode yang digunakan termasuk dalam kategori baik, akan tetapi pada model penilaian akhlak mencapai 50% dalam kategori kurang baik; 3) hasil (outcome) pendidikan akhlak mulia terkait akhlak peserta didik di dalam dan di luar lingkungan madrasah secara keseluruhan di MAN Kabupaten Cilacap mencapai 75% dalam kategori baik, seperti: peserta didik telah melaksanakan akhlak pada Allah Swt, akhlak pada Nabi Saw, akhlak pada sesama manusia, akhlak pada lingkungan alam, dan mampu mengendalikan diri dari dampak negatif pergaulan bebas dan media sosial. Kesimpulan dari evaluasi pendidikan akhlak mulia di MAN Kabupaten Cilacap ditinjau dari persiapan, pelaksanaan, dan hasil termasuk telah mencapai kriteria keberhasilan evaluasi yang telah ditetapkan. Akan tetapi, model penilaian yang digunakan dalam menilai akhlak mulia perlu dikaji secara lebih cermat terkait penerapan dan pemahaman pada peserta didik. Selain itu, perlu adanya tindakan lanjut untuk menelaah efektifitas dari program pendidikan akhlak mulia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, akhlak, Stake Countenance
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:35
Last Modified: 09 May 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57911

Actions (login required)

View Item View Item