PENGARUH LATIHAN VARIASI SPEED LADDER TERHADAP PRESTASI LARI SPRINT 100 METER PADA SPRINTER UKM ATLETIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ramadhan, Kevin (2018) PENGARUH LATIHAN VARIASI SPEED LADDER TERHADAP PRESTASI LARI SPRINT 100 METER PADA SPRINTER UKM ATLETIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi speed ladder terhadap prestasi lari sprint 100 meter pada sprinter UKM atletik Universitas Negeri Yogyakarta. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah atlet sprinter yang terdaftar di dalam UKM atletik Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri, serta atlet sprinter yang sudah memulai latihan minimal 6 bulan. Instrumen yang digunakan adalah tes lari 100 meter. Tekhnik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan latihan variasi speed ladder terhadap prestasi lari sprint 100 meter pada sprinter UKM atletik Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung (11.073) >ttabel (2.262) dan P (0.000) < α (0.05), maka terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi lari sprint 100 meter. Persentase peningkatan tersebut sebesar 1.18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan variasi variasi speed ladder terhadap prestasi lari sprint 100 meter pada sprinter UKM atletik Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan, variasi speed ladder, prestasi lari sprint 100 meter, sprinter UKM atletik Universitas Negeri Yogyakarta.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57905

Actions (login required)

View Item View Item