PERILAKU SISWA DALAM MENERAPKAN SANITASI HIGIENCE DAN K3 PADA PRAKTEK DI LABORATORIUM PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN

TRIYANI, 13511244013 (2018) PERILAKU SISWA DALAM MENERAPKAN SANITASI HIGIENCE DAN K3 PADA PRAKTEK DI LABORATORIUM PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perilaku sanitasi higience dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di pembelajaran praktik oleh siswa SMK Negeri 1 Cangkringan program keahlian Pengolahan Bahan Pangan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Cangkringan pada bulan Oktober 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TPHP sejumlah 123 siswa. Sampel penelitian ini di ambil dari semua populasi yaitu 123 siswa (responden), selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data deskriptif dengan distribusi frekuensi. Hasil uji validitas menyatakan valid dan hasil uji reliabilitas menyatakan nilai alpha aspek sikap dengan sebesar 0,590 aspek tindakan juga reliabel dengan indeks sebesar 0,607 . Hasil penelitian diketahui bahwa: Aspek pengetahuan perilaku sanitasi hygience dan kesehatan keselamatan kerja, pengetahuan siswa dapat tergolong pada kategori baik, dimana prosentase kategori baik 100%, ini menunjukan bahwa bila dilihat dari indicator tingkat pengetahuan siswa maka indikator pengetahuan tentang K3, pengetahuan tentang hygience sanitasi dan ruang lingkupnya, kesehatan lingkungan kerja, peralatan, keselamtan individu,kesehatan individu, dan kecelakaan kerja, pengetahuan siswa masuk dalam kategori baik. Aspek sikap perilaku sanitasi hygience dan kesehatan keselamatan kerja, sikap siswa dapat tergolong dalam kategori baik , dimana prosentase kategori baik 98,4% dan kategori cukup baik 1,6%. Dalam kategori baik sebagian mendapatkan skor di atas rerata dengan prosentase 98,4%. Aspek tindakan perilaku sanitasi hygience dan kesehatan keselamatan kerja, tindakan siswa tergolong cukup baik. Dengan presentase kategori baik 6,5% dan cukup baik 93,5%. Ini berarti 6,5% siswa telah mengetahui tindakan yang harus dilakukan dalam perilaku sanitasi hygience dan K3, dan 93,5% siswa cukup mengetahui tindakan yang harus dilakukan dalam perilaku sanitasi hygience dan K3 saat praktik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sanitasi, Higience, K3
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57899

Actions (login required)

View Item View Item