BAHAN AJAR KIMIA ASAM BASA DAN ELEKTROKIMIA BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF

Febiana, Handari (2018) BAHAN AJAR KIMIA ASAM BASA DAN ELEKTROKIMIA BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis karakteristik bahan ajar kimia materi asam basa dan elektrokimia berbasis konteks kendaraan untuk SMK Teknik Otomotif, menganalisis kelayakan bahan ajar kimia materi asam basa dan elektrokimia berbasis konteks kendaraan menurut ahli pembelajaran kimia dan reviewer yaitu guru kimia SMK Teknik Otomotif, serta menganalisis respon siswa terhadap bahan ajar kimia asam basa dan elektrokimia berbasis konteks kendaraan untuk siswa SMK Teknik Otomotif yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan desain penelitian exploratory model. Desain ini tepat karena bertujuan untuk mengeksplorasi masalah dan mengembangkan produk (Cresswell & Clark, 2007). Teknik analisis data menggunakan skala Likert, diawali dengan mengubah data kualitaif menjadi data kuantitatif. Selanjutnya, dari data kuantitatif dicari skor total dan skor ratarata tiap komponennya. Skor rata-rata yang diperoleh dikonversi menjadi kriteria kelayakan kualitatif sesuai kategori penilaian. Produk hasil pengembangan merupakan bahan ajar kimia dengan materi kimia asam basa dan elektrokimia yang berbasis konteks kendaraan untuk siswa SMK Teknik Otomotif dianggap layak oleh 2 ahli pembelajaran kimia dengan beberapa masukan. Bahan ajar ini telah dinilai oleh 5 reviewer dan dilakukan uji tanggapan oleh 10 siswa SMK Teknik Otomotif. Berdasarkan penilaian reviewer, bahan ajar yang disusun memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (SB). Adapun berdasarkan uji tanggapan siswa, bahan ajar yang disusun termasuk dalam kategori baik (B). Oleh sebab itu, bahan ajar ini sudah dianggap layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK Teknik Otomotif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2018 08:08
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57893

Actions (login required)

View Item View Item