EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM BASA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ernawati, Erlin (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM BASA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_BINDO_ERLIN ERNAWATI_14303241005.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SKRIPSI_ERLIN ERNAWATI_14303241005.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_ERLIN ERNAWATI_14303241005.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: 1) perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media LKS berbasis student centered dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan media LKS berbasis student centered, 2) mengetahui keefektifan media LKS berbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design jenis post-test only control design yang dilaksanakan pada 17 Januari – 5 Februari 2018 di SMA Negeri 2 klaten. Sampel penelitian ini terdiri dari 68 siswa, 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan menerapkan media LKS berbasis student centered sedangkan kelas kontrol melakukan pembelajaran dengan tidak menerapkan media LKS berbasis student centered. Pengumpulan data motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan angket motivasi sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan posttest yang berupa soal kemampuan berpikir kritis. Data motivasi belajar dianalisis menggunakan uji-t beda subjek sedangkan data kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media LKS berbasis student centered dengan yang tidak menggunakan media LKS tersebut. Media LKS berbasis student centered efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif Media LKS berbasis student centered terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebesar 29%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2018 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 16:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57889

Actions (login required)

View Item View Item