MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG

Paiker, Niko Puja (2021) MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_niko puja paiker_15601244036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Kabupaten Sleman terhadap pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan instrumen yang digunakan berupa angket. Populasi di dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Ngaglik Kabupaten Sleman yang berjumlah 216 peserta didik. Sampel berjumlah 54 responden yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Instrumen penelitian ini memperoleh nilai validitas 0,361. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi peserta didik kelas X SMA N 1 Ngaglik Kabupaten Sleman terhadap pembelajaran renang dengan hasil secara keseluruhan berada pada kategori sangat rendah sebesar 7.4%, kategori rendah sebesar 16.7%, kategori sedang sebesar 50%, kategori baik sebesar 11.1% dan kategori sangat baik sebesar 14.8%. Sedangkan nilai rata-rata yaitu 76.00, motivasi peserta didik kelas X SMA N 1 Ngaglik Kabupaten Sleman terhadap pembelajaran renang masuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:08
Last Modified: 25 Jan 2021 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57881

Actions (login required)

View Item View Item