PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA DIKLAT DASAR TEKNIK DIGITAL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA SISWA KELAS 1AV1 DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Listyawan, Heri (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATA DIKLAT DASAR TEKNIK DIGITAL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA SISWA KELAS 1AV1 DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HERI_LISTYAWAN.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa kelas 1AV1 SMK N 3 Yogyakarta dalam pembelajaran Dasar Teknik digital melalui pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achivement Division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1AV1 SMK N 3 Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari 26,25% pada siklus I menjadi 51,52% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 72,5% pada siklus III. Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan dari 30,21% pada siklus I menjadi 59,38% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 80,21% pada siklus III. Keaktifan siswa dalam presentasi kelas mengalami peningkatan dari 14,58% pada siklus I menjadi 36,46% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 61,46% pada siklus III. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari 36,46% pada siklus I menjadi 59,38% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 85,42% pada siklus III. Hasil belajar siswa mengalami penurunan pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 68,75 % kemudian menurun menjadi 59,38% pada siklus II dikarenakan materi pembelajaran siswa lebih sulit dibanding materi sebelumnya dan kemudian meningkat menjadi 78,13% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa mata diklat elektronika digital dasar siswa kelas 1AV1 SMK N 3 Yogyakarta. Kata kunci : Penerapan Metode, Dasar Teknik Digital, Pembelajaran Kooperatif STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 17 Sep 2012 16:07
Last Modified: 29 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5788

Actions (login required)

View Item View Item