PENGEMBANGAN APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MICROTEACHING SEBAGAI MEDIA ALAT BANTU BELAJAR MANDIRI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Firdaus, Muhammad Dzaky (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN MICROTEACHING SEBAGAI MEDIA ALAT BANTU BELAJAR MANDIRI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
NASKAH TUGAS AKHIR.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur pengembangan media sosial Whatsapp sebagai pendukung pembelajaran microteaching, (2) Kelayakan media Whatsapp sebagai alat bantu belajar mandiri untuk pembelajaran microteaching, (3) Seberapa besar efektifitas penggunaan media sosial Whatsapp untuk pembelajaran microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE). Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa microteaching kelas A yang berjumlah 12 orang responden. Data penelitian dijaring menggunakan instrument angket validasi, angket respon mahasiswa calon guru dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Prosedur secara umum penggunaan Whatsapp sebagai alat bantu pembelajaran microteaching yang meliputi: pendaftaran mahasiswa calon guru di media sosial Whatsapp, Merencanakan materi yang akan diajarkan, latihan mengajar di kelas atau bengkel, pemberian komentar di obrolan grup Whatsapp, dan penilaian hasil latihan mengajar, (2) Media sosial Whatsapp yang dikembangkan sebagai alat bantu pembelajaran microteaching dinyatakan layak atau baik digunakan. Hal tersebut berdasarkan hasil validator ahli media dengan jumlah total skor 120 dengan kategori baik/layak dan respon mahasiswa calon guru memiliki jumlah persentase sebesar 80% terhadap media sosial pesan instan Whatsapp, (3) Penggunaan media sosial pesan instan Whatsapp telah meningkatkan nilai latihan mengajar mahasiswa calon guru. Hal tersebut berdasarkan nilai rata-rata latihan mengajar pertama sebesar 81,25 dengan latihan kedua sebesar 85,42.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Microteaching, Whatsapp, Efektifitas, Sumber Belajar Mandiri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57870

Actions (login required)

View Item View Item