PENERAPAN HIGIENE SANITASI SAAT PRAKTIK MENGOLAH MAKANAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK NEGERI 1 KALASAN

Rianda, Dea (2018) PENERAPAN HIGIENE SANITASI SAAT PRAKTIK MENGOLAH MAKANAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN JASA BOGA SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) higiene sanitasi siswa saat praktik mengolah makanan, (2) higiene personal siswa siswa saat praktik mengolah makanan, (3) sanitasi pengolahan siswa siswa saat praktik mengolah makanan, (4) sanitasi peralatan siswa siswa saat praktik mengolah makanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Tahap pengujian kelayakan angket dilakukan oleh ahli materi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kalasan dengan subyek penelitian yang melibatkan 70 siswa kelas XI dari program keahlian Tata Boga. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan higiene sanitasi siswa makanan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan siswa termasuk dalam kategori hampir konsisten sebanyak 34 siswa (48,57%) dengan nilai baku 77,71, (2) penerapan higiene personal pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan termasuk dalam kategori hampir konsisten sebanyak sebanyak 32 siswa (45,71%) dengan nilai baku 77,94, (3) penerapan higiene sanitasi pengolahan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan termasuk dalam kategori hampir konsisten sebanyak sebanyak 39 siswa (55,71%) dengan nilai baku 76,89, (4) penerapan higiene sanitasi peralatan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kalasan termasuk dalam kategori hampir konsisten sebanyak sebanyak 32 siswa (45,71%) dengan nilai baku 78,93.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, higiene sanitasi, penjamah makanan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jul 2018 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57868

Actions (login required)

View Item View Item