ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PANGGANG KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kurniawan, Apri Dwi (2021) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PANGGANG KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_apri dwi kurniawan_17604224037.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda ujian ahir semester ganjil kelas V mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Panggang 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh soal dan lembar jawab pilihan ganda ujian semester ganjil kelas V mata pelajaran PJOK SD Panggang. Penelitian ini menganalisis tentang tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, serta distractor yang menyesatkan. Analisis kuantitatif soal pilihan ganda dilakukan dengan menggunakan Program ITEMAN (Item and Test Analysis) versi 3.00. Hasil dari penelitian bahwa dari total 25 butir soal pilihan ganda ditinjau dari tingkat kesukaran sebanyak 8% soal dalam kategori sukar, 28% soal dalam kategori sedang, dan 64% soal dalam kategori mudah. Ditinjau dari daya beda soal sebanyak 28% soal dalam kategori baik, 36% soal dalam kategori sedang, 20% soal dalam kategori jelek, dan 16% soal negatif. Ditinjau dari efektivitas pengecoh menunjukan 70% memiliki efektivitas pengecoh yang baik, 30% memiliki efektivitas pengecoh kurang baik dari 100 butir alternatif jawaban. Ditinjau dari distractor yang menyesatkan menunjukan sebanyak 8 butir soal memiliki distractor yang menyesatkan, dan 17 butir soal tidak memiliki distractor yang menyesatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis butir soal pilihan berganda sebanyak 72% butir soal tidak baik dan 28% butir soal baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Ngatman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:23
Last Modified: 21 Jan 2021 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57860

Actions (login required)

View Item View Item