BAHAN AJAR KIMIA HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF

Febrianto, - (2018) BAHAN AJAR KIMIA HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik, (2) kelayakan menurut ahli, (3) penilaian kelayakan menurut revierwer/guru, dan (4) respon siswa terhadap bahan ajar kimia hidrokarbon dan minyak bumi berbasis konteks kendaraan untuk siswa SMK Teknik Otomotif. Penelitian ini dilakukan dengan metode “exploratory mixed method”. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi empat tahap, yaitu kualitatif, pengembangan, kuantitatif dan interpretasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terbuka untuk memperoleh data masukan produk dan kuesioner tertutup untuk angket penilaian kelayakan yang memuat lima komponen, yaitu penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, integrasi konteks kejuruan, dan keterbacaan dengan 29 indikator penilaian dan angket tanggapan siswa dengan 18 indikator. Penelitian ini menghasilkan Bahan Ajar Kimia Hidrokarbon dan Minyak Bumi Berbasis Konteks Kendaraan untuk Siswa SMK Teknik Otomotif yang disusun berdasarkan hasil integrasi KD mata pelajaran kimia dengan KD kejuruan teknik otomotif. Bahan ajar memiliki integrasi konteks kendaraan pada bagian narasi awal bab, aktivitas, contoh dan soal-soal. Berdasarkan hasil analisis data, bahan ajar dinyatakan layak yang ditinjau dari aspek isi oleh ahli pembelajaran kimia. Kelayakan bahan ajar menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dan tanggapan siswa terhadap bahan ajar termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa maupun sebagai sumber belajar bagi guru untuk menunjang keterlaksanaan pembelajaran kimia di SMK Teknik Otomotif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57852

Actions (login required)

View Item View Item