BAHAN AJAR KIMIA SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF

Setianingsih, Ana (2018) BAHAN AJAR KIMIA SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA BERBASIS KONTEKS KENDARAAN UNTUK SISWA SMK TEKNIK OTOMOTIF. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Ana Setianingsih.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: (1) karakteristik, (2) kelayakan menurut para ahli, (3) tanggapan guru, dan (4) tanggapan siswa terhadap Bahan Ajar Kimia Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia Konteks Kendaraan untuk Siswa SMK Teknik Otomotif. Metode penelitian ini adalah exploratory mixed method. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu, tahap kualitatif, tahap pengembangan, tahap kuantitatif dan tahap intepretasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terbuka untuk memperoleh masukan dan angket tinjauan yang memuat lima komponen, yaitu penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, integrasi konteks kejuruan, dan keterbacaan dengan 29 indikator tinjauan. Penelitian ini menghasilkan Bahan Ajar Kimia Sistem Periodik Unsur dan Ikatan Kimia Berbasis Konteks Kendaraan untuk Siswa SMK Teknik Otomotif. Bahan ajar disusun berdasarkan hasil integrasi KD mata pelajaran kimia dengan KD kejuruan teknik otomotif. Bahan ajar kimia memiliki integrasi konteks kendaraan pada bagian narasi awal, aktivitas, contoh, dan soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data bahwa bahan ajar dinyatakan layak pada tahap validasi oleh 2 ahli pembelajaran kimia berdasarkan aspek integrasi konten kejuruan, kelayakan isi, aspek penyajian, dan aspek kebahasaan. Bahan ajar dinyatakan layak oleh 3 guru berdasarkan tampilan serta isi, dan 3 siswa berdasarkan tampilan. Adapun pada tinjauan kelayakan bahan ajar menurut guru termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dan berdasarkan tanggapan siswa terhadap bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar mampu meningkatkan minat siswa belajar kimia khususnya materi sistem periodik unsur dan ikatan kimia. Berdasarkan hasil analisis data maka bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa serta guru kimia untuk menunjang pembelajaran kimia di SMK Teknik Otomotif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57851

Actions (login required)

View Item View Item