PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPECIAL’S POP UP BOOK MENGENAI MATERI KIMIA DALAM PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB

Wulansari, Andriani (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPECIAL’S POP UP BOOK MENGENAI MATERI KIMIA DALAM PANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Special’s Pop up book kimia pangan sebagai sumber belajar mandiri untuk anak tunarungu SLB dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran kimia Special’s Pop up book yang telah disusun. Penelitian Research and Development (R&D) mengadaptasi desain pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan: analyze, design, development, implementation, dan evaluation.. Instrumen berupa angket penilaian media popup untuk lima guru, dan angket respon peserta didik terhadap media pop-up. Teknik analisis yang digunakan antara lain konversi skor menjadi nilai skala lima, menghitung rerata skor, mengubah skor rata-rata, menentukan nilai produk dan menentukan kualitas Special’s Pop up book. Hasil penelitian yang pertama berupa media pembelajaran yang dikembangkan dengan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang kedua yaitu kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan pada aspek materi memperoleh skor rata-rata 27,2 dengan persentase keidealan sebesar 90,67%, pada aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 73,8 dengan persentase keidealan sebesar 92,25% dan aspek bahasa dan gambar memperoleh skor rata-rata sebesar 53,2 dengan persentase keidealan 88,67%. Seluruh aspek termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:31
Last Modified: 30 Jan 2019 16:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57846

Actions (login required)

View Item View Item