Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vektor dengan Pendekatan Creative Problem Solving Kelas XI SMK Teknokestan

Atsnan, Muh Fajaruddin (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vektor dengan Pendekatan Creative Problem Solving Kelas XI SMK Teknokestan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-fajaruddin-atsnan-12709251013.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Creative Problem Solving pada materi vektor kelas XI SMK Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian (Teknokestan), meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta tes prestasi belajar siswa (TPB) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan (uji coba produk); (4) revisi produk; dan (5) kajian produk akhir. Subjek uji coba penelitian yaitu 60 siswa yang terbagi 32 siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan 28 siswa kelas XI jurusan Multimedia (MM), serta dua guru matematika di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan oleh guru, lembar kepraktisan oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes prestasi belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Creative Problem Solving pada materi vektor kelas XI SMK Teknokestan, meliputi RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif, serta TPB yang valid, praktis, dan reliabel. Kevalidan produk dapat terlihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar kepraktisan guru yang menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat praktis; hasil pengisian lembar kepraktisan siswa yang menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 83,3% dan maksimal adalah 86,1%. Keefektifan produk terlihat dari hasil tes prestasi belajar siswa yang menunjukkan 26 siswa kelas TKJ (81,25 %) dan 20 siswa MM (71,42 %), telah mencapai nilai KKM setiap kelas lebih dari 70 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, Creative Problem Solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:05
Last Modified: 09 May 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57826

Actions (login required)

View Item View Item