PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R TERINTEGRASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Anggraeni, Beta Heva (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R TERINTEGRASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BETA HEVA ANGGRAENI-ABSTRAK SKRIPSI (INDONESIA).pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya : (1) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terintegrasi teknik mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2) perbedaan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping, dan (3) perbedaan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design untuk prestasi belajar dan pretest-posttest design untuk aktivitas belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 163 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 64 peserta didik terdiri dari 32 peserta didik kelas eksperimen (XI IPA 2) dan 32 peserta didik kelas kontrol (XI IPA 3) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data untuk uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasi. Adapun uji hipotesis menggunakan uji Mancova dan uji-t sama subjek. Data diolah menggunakan program komputer IBM SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2) ada perbedaan yang signifikan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping dan (3) ada perbedaan yang signifikan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 19 Jul 2018 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57800

Actions (login required)

View Item View Item