Penerimaan Teman Sebaya sebagai Mediator pada Pengaruh Well-Being terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Yogyakarta

Mubarok, Fuad (2018) Penerimaan Teman Sebaya sebagai Mediator pada Pengaruh Well-Being terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fuad-mubarok-15731251005.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan efek penerimaan teman sebaya sebagai mediator antara pengaruh well-being dan capaian hasil belajar pada siswa SMP di kota Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 385 remaja di usia 14-15 tahun. Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengukur bagaimana seorang remaja memiliki well-being dan sosiometri untuk mengukur penerimaan teman sebaya. Variabel capaian hasil belajar siswa diperoleh dari nilai raport siswa. Hipotesis penelitian ini adalah penerimaan teman sebaya dapat menjadi mediator pada pengaruh well-being terhadap capaian hasil belajar. Validitas instrumen didapat dari validitas isi menggunakan penilaian ahli, sedangkan analisis reliabilitas instrumen didapatkan dari nilai koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0,811. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui peran penerimaan teman sebaya sebagai mediator pada pengaruh well-being terhadap capaian hasil belajar pada remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa well-being dapat menjadi prediktor capaian hasil belajar pada remaja dengan kontribusi pengaruh langsung sebesar 3,2%. Penerimaan teman sebaya juga terbukti dapat memediasi antara well-being dengan capaian hasil belajar pada remaja dengan kontibusi pengaruh tidak langsung sebesar 17,8%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh langsung pada well-being dengan capaian hasil belajar lebih rendah dari pengaruh tidak langsung dengan mengikutkan penerimaan teman sebaya sebagai mediator. Hal tersebut menunjukkan arti penting penerimaan teman sebaya sebagai mediator antara well-being dengan capaian hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penerimaan teman sebaya, well-being, capaian hasil belajar, remaja
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:28
Last Modified: 09 May 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57792

Actions (login required)

View Item View Item