PENGARUH METODE SOCIO SCIENTIFIC ISSUES-BASED INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Fauziyah, Nurul Hanifa and Suyoso, Suyoso (2018) PENGARUH METODE SOCIO SCIENTIFIC ISSUES-BASED INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
8. skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh metode Socio Scientific Issues-Based Instruction terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika pada materi global warming, dan (2) mengetahui pengaruh metode Socio Scientific Issues-Based Instruction terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika materi global warming. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Klaten tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 179 peserta didik yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, LDPD, angket literasi sains, soal tes, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Validitas isi pada instrument RPP, LKPD, angket literasi sains, dan soal tes menggunakan SBI dan Koefisien Reprodusitas dan Koefisien Skalabilitas. Validitas empiris pada instrument soal tes menggunakan nilai INFIT MNSQ dan reliabilitas pada instrument soal tes menggunakan nilai estimasi reliabilitas. Untuk teknik analisis data uji GLM-Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode SSI-BI dalam pembelajaran fisika berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI MIPA dengan sumbangan pengaruh sebesar 8,6% pada materi pemanasan global dengan kategori peningkatan rendah, (2) metode SSI-BI dalam pembelajaran fisika berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA dengan sumbangan pengaruh sebesar 26,6% pada materi pemanasan global dengan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Socio Scientific Issues-Based Instruction, kemampuan literasi sains, dan kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57790

Actions (login required)

View Item View Item