Kajian Praksis Pendidikan Montessori dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Sosio Kultural pada PAUD di Kalyca Montessori School Dan Golden Kids School.

Sulastri, Sri (2018) Kajian Praksis Pendidikan Montessori dalam Perspektif Psikologi Pendidikan dan Sosio Kultural pada PAUD di Kalyca Montessori School Dan Golden Kids School. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sri sulastri-11703261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kajian pendidikan Montessori dalam perspektif psikologi pendidikan dan sosio kultural PAUD di Kalyca Montessori School Yogyakarta dan PAUD Golden Kids School Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik interpretatif dengan teknik analisis data Spradley. Penelitian ini dilakukan di dua tempat, yakni PAUD Kalyca Montessori School Yogyakarta dan Golden Kids School Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa, dan orang tua siswa. Objek penelitian adalah pendidikan Montessori dari perspektif psikologi pendidikan dan sosio kultural. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipasif dan dokumentasi. Analisis data meliputi tahapan pencatatan dan pengelompokan awal, pengelompokan tema yang berbeda, pengelompokan dalam bentuk matrik dan display data, pendeskripsian, penyimpulan sehingga menghasilkan temuan penelitian. Berdasarkan metode tersebut praksis pendidikan Montessori di PAUD Kalyca Motessori School Yogyakarta menghasilkan temuan perkembangan kognitif, moral, emosional, dan sosial terbangun sesuai dengan pendidikan Montessori namun dengan penyesuaian perkembangan psikologi dan sosio kultural anak Yogyakarta. Pada praksis PAUD Golden Kids School Surakarta menghasilkan temuan perkembangan kognitif, moral, emosional, dan sosial terbangun dengan modifikasi pendidikan Montessori yang disesuaikan dengan psikologi serta sosio kultural anak Surakarta. Kesimpulan penelitian ini pendidikan Montessori diterapkan dengan menyesuaian maupun modifikasi sesuai dengan latar belakang sosio kultural sekolah tersebut. Dengan demikian, pendidikan Montessori menjadi salah satu alternatif dalam metode pembelajaran anak usia dini.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Psikologi pendidikan, sosio kultur, pendidikan anak usia dini Montessori
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:18
Last Modified: 28 May 2021 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57785

Actions (login required)

View Item View Item