PELATIHAN KETERAMPILAN KERAJINAN TANGAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BINA SIWI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA

Mufidah, - (2018) PELATIHAN KETERAMPILAN KERAJINAN TANGAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BINA SIWI PAJANGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelatihan keterampilan kerajinan tangan bagi anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Bina Siwi Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, peneliti mendapatkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan bantuan instrumen berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa 1) Proses pelatihan keterampilan kerajinan tangan bagi anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Bina Siwi meliputi kegiatan: a) Perencanaan pelatihan keterampilan kerajinan tangan tidak terpaku pada RPP dan Silabus karena penerapannya di Panti Asuhan, dan materinya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi anak berkebutuhan khusus. b) Pelaksanaan pelatihan keterampilan kerajinan tangan dilaksanakan setiap hari yang bertujuan agar materi dapat lebih cepat dipahami oleh anak asuh. Langkah-langkah yang dilakukan pengasuh dalam pelaksanaan pelatihan keterampilan kerajinan tangan adalah membuka kegiatan dengan apersepsi berupa motivasi dan menjelaskan tujuan dari pelatihan keterampilan, kegiatan inti dilakukan dengan proses pembelajaran secara bertahap dan monoton. Kegiatan pelatihan keterampilan kerajinan tangan tidak mengharuskan anak asuh untuk menguasai seluruh materi keterampilan dengan hasil yang sempurna, namun hanya ditekankan pada pemahaman proses pembuatan karya kerajinan tangannya saja. c) Kegiatan penutup pada pelatihan keterampilan kerajinan tangan dilakukan oleh pengasuh secara langsung dengan memberi evaluasi berupa kritik dan saran terhadap hasil karya anak asuh dengan penyampaian yang halus dan diikuti oleh pujian. 2) Kendala yang terjadi dalam proses pelatihan keterampilan kerajinan tangan terletak pada kesulitan dalam memperoleh bahan baku dan kesulitan dalam mengajarkan anak asuh yang sulit paham seperti anak tunagrahita berat sehingga target pencapaian materi sering tidak tecapai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57784

Actions (login required)

View Item View Item