PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETRAMPILAN PROSES BELAJAR SISWA SMA

Fauziah, Luluk and Suyoso, Suyoso (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN KETRAMPILAN PROSES BELAJAR SISWA SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar peserta didik, (2) mengetahui bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode konvensional ditinjau dari ketrampilan proses belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Klaten tahun pelajaran 2017/2018 . Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, LKPD, soal tes, lembar observasi ketrampilan proses belajar, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi. Validitas isi pada instrumen RPP, LKPD menggunakan SBI dan untuk soal tes menggunakan Koefisien Reprodusitas dan Koefisien Skalabilitas. Validitas empiris pada instrumen soal tes menggunakan nilai Point Biser dan reliabilitas pada instrumen soal tes menggunakan Koefisien Alpha Cronbach. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji Standard Gain dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode Demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode Konvensional ditinjau dari peningkatan hasil belajar, (2) peningkatan hasil belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan metode Demonstrasi lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran STAD dengan metode Konvensional berdasarkan nilai Normalized Gain yaitu 0,58 dengan 0,34 dalam kategori sedang dan (3) ada pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode Demonstrasi dan model pembelajaran STAD dengan metode Konvensional ditinjau dari ketrampilan proses belajar peserta didik, yaitu lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model STAD dengan metode Demontsrasi, ketrampilan proses belajar dan hasil belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57783

Actions (login required)

View Item View Item