SISTEM PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER DISIPLIN UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO

Fahmi Mz, Zul (2018) SISTEM PEMBELAJARAN NILAI KARAKTER DISIPLIN UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Zul Fahmi Mz.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter pada siswa sangat penting untuk diterapkan dalam sekolah, akan tetapi masih banyak siswa yang kurang disiplin dalam sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pembelajaran karakter disiplin pada siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci. Objek penelitian ini adalah penjelasan pelatih ekstrakurikuler pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo terhadap sistem pembelajaran karakter disiplin. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa sistem pembelajaran nilai karakter disiplin pada siswa pencak silat tapak suci di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo, sudah menjalankan pembelajaran nilai karakter disiplin yang dimulai dari kegiatan sebelum latihan, pendahuluan latihan, kegiatan inti dalam latihan, dan penutup latihan dengan optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem, pembelajaran, karakter disiplin
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jul 2018 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57782

Actions (login required)

View Item View Item