Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Self Concept dan Self Efficacy pada Siswa SMA Negeri 2 Bantul

Ardhiyah, Ummu (2018) Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Self Concept dan Self Efficacy pada Siswa SMA Negeri 2 Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ummu-ardhiyah-15713251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama dalam meningkatkan self concept dan self efficacy siswa di SMA Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas XI IPA 2. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala self concept yang disebut TSCS yang terdiri dari 84 item pernyataan dan skala self efficacy yang terdiri dari 26 item pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t test untuk taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan self concept dan self efficacy siswa. Self concept dan self efficacy siswa meningkat dalam kategori "tinggi". Ada perbedaan hasil akhir pre-test dan post-test setelah mendapat bimbingan kelompok teknik sosiodrama dengan p (p-value) atau sig> 0,05, maka H0 diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sosiodrama, self concept, self efficacy, eksperimen.
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:10
Last Modified: 26 Oct 2022 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57774

Actions (login required)

View Item View Item