PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DISCUSSION ACTIVITY BERBASIS PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Azizah, Siti Nur and Astono, Juli (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DISCUSSION ACTIVITY BERBASIS PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengasilkan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis yang layak digunakan untuk pembelajaran di kelas, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD Discussion Activity berbasis pembelajaran ATI pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel yang memiliki 4 tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian terdiri atas 15 peserta didik kelas XI IPA 2 untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik kelas XI IPA 1 untuk uji coba luas. Instrumen penelitian meliputi angket, lembar observasi, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk mengukur validitas, kelayakan, dan reliabilitas instrumen. Validitas dianalisis dengan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI). Kelayakan dianalisis dengan Standar Baku Ideal (SBi). Reliabilitas dianalisis dengan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Data hasil dari uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh dari hasil penilaian terhadap pre-test dan post-test, angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan angket minat peserta didik sebelum dan setelah menggunakan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian validator dengan nilai rata-rata sebesar 3 (sangat baik), hasil respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan nilai 3,77 (baik) dan pada uji coba luas dengan nilai 3,96 (baik), (2) peningkatan minat belajar fisika peserta didik pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,36 (sedang) dan pada uji coba luas dengan nilai gain 0,49 (sedang), dan (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik ranah kognitif pada uji coba terbatas dengan nilai gain 0,62 (sedang) dan pada uji coba luas dengan nilai gain 0,72 (tinggi).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Aptitude Treatment Interaction, fluida dinamis, minat dan hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57769

Actions (login required)

View Item View Item