PROFIL KONDISI FISIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN 2018

Hidayat, Ervan Nur (2018) PROFIL KONDISI FISIK SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya profil kondisi fisik siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri I Muntilan tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik profil kondisi fisik siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri I Muntilan tahun 2018. Kondisi fisik dalam penelitian ini dibatasi pada kekuatan otot lengan, power otot tungkai, kecepatan, kelincahan, dan daya tahan (VO2Maks). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri I Muntilan yang berjumlah 20 siswa putra, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen untuk mengukur kekuatan otot lengan yaitu gantung angkat tubuh, power tungkai yaitu vertical jump, kecepatan yaitu lari 50 meter, kelincahan yaitu shuttle run, dan tes VO2Maks menggunakan bleep test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kondisi fisik siswa putra peserta ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri I Muntilan berada pada kategori “sangat kurang baik” sebesar 15% (3 siswa), “kurang baik” sebesar 5% (1 siswa), “cukup baik” sebesar 45% (9 siswa), “baik” sebesar 35% (7 siswa), dan “sangat baik” sebesar 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kunci: kondisi fisik, bola voli, SMP Negeri I Muntilan
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jul 2018 05:01
Last Modified: 11 Mar 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57768

Actions (login required)

View Item View Item