Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Budaya Kerja Pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita II Siswa Kelas IX Tata Busana SMKN 6 Yogyakarta.

Wahyuningsih, Sri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Budaya Kerja Pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita II Siswa Kelas IX Tata Busana SMKN 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri wahyuningsih-11702259025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan motivasi belajar dan budaya kerja pada siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum, (2) pelaksanaan pembelajaran quantum sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran, dan (3) pengembangan motivasi belajar dan budaya kerja pada siswa untuk meningkatkan kompetensi Membuat Busana Wanita II. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas versi Piggot- Irvine. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi/pengamatan dan angket. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2013- 2014 di SMKN 6 Yogyakarta. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Busana pada mata pelajaran Membuat Busana Wanita II. Data hasil penelitian dianalisa dengan statistik deskriptif dengan menentukan ukuran nilai kecenderungan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan budaya kerja dengan menerapkan sintak pembelajaran quantum TANDUR. Menumbuhkan motivasi intrinsik pada diri siswa, guru menunjukan film motivasi di awal pembelajaran, guru memberikan pembahasan yang dikaitkan dengan kondisi siswa, menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan dengan musik serta, memberi penghargaan kepada siswa. Berdasarkan hasil pengamatan, pada awal pelaksanaan penelitian, motivasi belajar dan budaya kerja siswa belum mengalami peningkatan. Pada awal penelitian motivasi belajar jumlah siswa 58% dalam kategori baik dan 55% budaya kerja dalam kategori baik; pada akhir penelitian motivasi belajar jumlah siswa mengalami peningkatan menjadi 85% dalam kategori baik dan budaya kerja menjadi 82% dalam kategori baik . Dengan menerapkan pembelajaran quantum terjadi peningkatan motivasi belajar dan budaya kerja pada mata pelajaran Membuat Busana Wanita II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran quantum, motivasi belajar, budaya kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:38
Last Modified: 18 Aug 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57767

Actions (login required)

View Item View Item