Pengembangan Model Pembelajaran personal Leadership pada Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Pemesinan dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Adnan, Dana Rizky Nur (2018) Pengembangan Model Pembelajaran personal Leadership pada Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Pemesinan dalam Implementasi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dana rizki nur adnan-12702251060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menemukan hasil pengembangan model pembelajaran personal leadership pada siswa SMK bidang keahlian Teknik Mesin.Menghasilkan model pembelajaran yang layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran di SMK bidang keahlian Teknik Mesin. Menghasilkan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan aktifitas siswa SMK bidang keahlian Teknik Mesin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development). Prosedur pengembangan terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) analisis dan pengumpulan data, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi, 4) uji coba produk, 5) revisi, 6) produk akhir. Penelitian dilakukan di SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Jurusan Teknik Pemesinan pada mata pelajaran gambar teknik dengan subyek penelitian siswa serta Guru yang mengampu mata pelajaran gambar teknik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dengan menentukan skor ideal kemudian membagi jumlah skor hasil penelitian dengan skor ideal dan mengambil kesimpulan tentang masing-masing indikator menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan model pembelajaran meliputi: analisis masalah, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba terbatas, revisi, dan produk akhir; 2) Kelayakan model pembelajaran personal leadership, oleh ahi model pembelajaran dinyatakan sangat layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh persentase kelayakan 89,3% dengan kategori sangat layak dan validitas isi dengan Aiken’s V dengan nilai V 0,86 dinyatakan valid , menurut ahli materi memperoleh kelayakan total sebesar 93% dengan kategori sangat layak dan validitas isi dengan Aiken’s V dengan nilai V 0,91 dinyatakan valid, dan dari siswa menyatakan layak dengan skor 60%, serta Guru menyatakan layak untuk diterapkan dengan skor 88,2% dalam proses pembelajaran. 3) Keefektifan model pembelajaran personal leadership untuk meningkatkan atifitas siswa dalam proses pembelajaran telah melebihi 50% dari jumlah siswa dikelas yang aktif untuk bertanya/berpendapat. Total siswa yang aktif bertanya/berpendapat mencapai 72% yang berarti model pembelajaran personal leadership efektif dalam meningkatkan aktifias siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: soft skills, personal leadership learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:05
Last Modified: 16 Aug 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57766

Actions (login required)

View Item View Item