Hubungan Hasil Belajar Ilmu Ekonomi, Kelas Sosial, Iklan Televisi dengan Pola Konsumsi Mahasiswa Di Universitas Sriwijaya

Utami, Tiara (2018) Hubungan Hasil Belajar Ilmu Ekonomi, Kelas Sosial, Iklan Televisi dengan Pola Konsumsi Mahasiswa Di Universitas Sriwijaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tiara-utami-15719251008.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara 1) hasil belajar ilmu ekonomi dengan pola konsumsi mahasiswa, (2) kelas sosial dengan pola konsumsi mahasiswa, (3) iklan televisi dengan pola konsumsi mahasiswa dan (4) hasil belajar ilmu ekonomi, kelas sosial, iklan televisi dengan pola konsumsi mahasiswa. Penelitian merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode ex-post facto dan survey. Tempat pelaksanaan penelitian ini di Universitas Sriwijaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) pada Prodi Pendidikan Ekonomi sebanyak 157 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling maka diperoleh sampel sebanyak 100 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan mengunakan teknik Exploratory Factor Analysis (EFA) dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ilmu ekonomi secara parsial tidak memiliki hubungan negatif dengan pola konsumsi tetapi tidak signifikan, yang ditunjukkan nilai sebesar thitung < ttabel (1,378 < 1,985), (2)kelas sosial memiliki hubungan positif dengan pola konsumsi yang ditunjukkan nilai sebesar thitung > ttabel (2,601 > 1,985) dan (3) iklan televisi secara parsial memiliki hubungan positif dengan pola konsumsi yang ditunjukkan nilai (9,439 > 1,985), dan (4) hasil belajar ilmu ekonomi, kelas sosial, dan iklan televisi secara simultan memiliki hubungan positif dengan pola konsumsi sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 36,985 > 3,090.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar ilmu ekonomi, kelas sosial, iklan televisi dan pola konsumsi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jul 2018 02:11
Last Modified: 09 May 2019 08:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57755

Actions (login required)

View Item View Item