Pengembangan Trainer Pembelajaran Teknik Digital sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa TAV SMK Negeri 2 Klaten

Kurohman Taufik, Fatih Septian (2018) Pengembangan Trainer Pembelajaran Teknik Digital sebagai Media Pembelajaran Praktik Siswa TAV SMK Negeri 2 Klaten. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Naskah SKRIPSI Fatih fix.doc.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran di SMK Negeri 2 Klaten pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar terdapat materi Teknik Digital. Setiap melakukan praktikum masih menggunakan simulasi program. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Pengembangan trainer pembelajaran teknik digital; (2) Mengetahui unjuk kerja trainer pembelajaran teknik digital; (3) Mengetahui tingkat kelayakan trainer teknik digital untuk siswa TAV SMK Negeri 2 Klaten. Tahap penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini meliputi: 1) analisis, 2) desain produk, 3) implementasi, 4) evaluasi. Objek Penelitian ini adalah trainer pembelajaran teknik digital, dengan jobsheet praktikum sebagai bahan pendukung trainer. Trainer ini berisi beberapa perangkat yaitu : perangkat masukan yang menggunakan saklar toggel, perangkat keluaran berupa led, perangkat catudaya, perangkat utama dan penampil gelombang serta pengukur tegangan yang dibuat dengan IC AT-Mega 16 dan LCD alphanumberic. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pengujian dan pengamatan terhadap pengembangan trainer. Pengujian kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kepada para ahli dan siswa kelas X Teknik Audio-Video SMK Negeri 2 Klaten. Adapun validasi media pembelajaran ini melibatkan 3 ahli materi dan 3 ahli media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkannya trainer pembelajaran teknik digital. Trainer tersebut dikemas dalam suatu kotak dengan perangkat-perangkat trainer yang saling terintegrasi dan jobsheet praktikum pembelajaran yang mendukung kegiatan praktikum. (2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran ini termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 83.75%, ahli media sebesar 86.85%, dan dari hasil uji pemakaian terhadap siswa sebesar 85.2%. Dari hasil uji kelayakan tersebut, media pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Elektronika Dasar Teknik Audio-Video SMK Negeri 2 Klaten, sehingga didapatkan produk akhir media pembelajaran trainer Teknik digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, trainer, elektronika dasar, digital
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:17
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57750

Actions (login required)

View Item View Item