PENGARUH WAKAF UANG TUNAI PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MAUQUF’ALAIH BWUT MUI DIY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL CIBEST

Novitasari, Dias (2018) PENGARUH WAKAF UANG TUNAI PRODUKTIF TERHADAP KESEJAHTERAAN MAUQUF’ALAIH BWUT MUI DIY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL CIBEST. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Dias Novitasari_14804241007_skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wakaf uang tunai produktif terhadap kesejahteraan mauquf’alaih BWUT MUI DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mauquf’alaih yang menerima Program PROTAB dari BWUT MUI DIY. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden mauquf’alaih diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan model CIBEST dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi kesejahteraan mauquf’alaih sesudah menerima wakaf uang tunai produktif BWUT MUI DIY mengalami peningkatan dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari perubahan nilai indeks kemiskinan CIBEST dalam lingkup keluarga maupun individu. (2) Terdapat keterkaitan antara wakaf uang tunai produktif dengan kesejahteraan material dalam lingkup keluarga, individu kepala keluarga, dan individu anggota keluarga 1. Selain itu, terdapat pula keterkaitan antara wakaf uang tunai produktif dengan kesejahteraan spiritual dalam lingkup keluarga maupun individual kepala keluarga, dan anggota keluarga 1, anggota keluarga 2, dan anggota keluarga 3.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57724

Actions (login required)

View Item View Item