ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL MUI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Bethesda

Napitasari, Amarinda (2018) ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN PADA RESTORAN BERSERTIFIKAT HALAL MUI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Bethesda. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_ Amarinda Napitasari_13804241020 - Copy.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara label halal dengan minat beli konsumen pada restoran bersertifikat halal MUI di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018 (studi kasus: konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Bethesda 74). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel adalah konsumen Waroeng Steak and Shake sebanyak 40 responden ,konsumen Gudeg Yu Djum sebanyak 30 responden, dan konsumen Bakso Bethesda 74 sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Cronbach’s Alpha. Metode analisis data menggunakan Korelasi Spearman Rank (Spearman Rank Correlation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan positif signifikan antara variabel label halal dengan minat beli konsumen. Diketahui nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0,05 atau 0,01 maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel label halal dengan minat beli konsumen. Hasil perhitungan Spearman Rank Correlation diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,730. Hal ini menunjukan tingkat kekuatan hubungan antara variabel label halal dengan variabel minat beli konsumen adalah sebesar 0,730 atau kuat. Angka koefisien korelasi bernilai positif, sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, dengan demikian dapat diartikan bahwa bahwa jika nilai variabel label halal tinggi maka nilai variabel minat beli konsumen juga tinggi. Kecenderungan jawaban responden pada pernyataan variabel label halal dan minat beli terletak pada kategori sedang, karena frekuensi atau jumlah responden terbanyak menjawab pernyataan pada kategori sedang dan hasil perhitungan mean juga berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Minat Beli Konsumen, Restoran Bersertifikat Halal MUI
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Makro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57720

Actions (login required)

View Item View Item