PENGARUH LATIHAN JUGGLING BOLA MENGGUNAKAN KEPALA TERHADAP KETERAMPILAN HEADING PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA NEGERI 1 IMOGIRI

Nugroho, Yoga Dwi (2018) PENGARUH LATIHAN JUGGLING BOLA MENGGUNAKAN KEPALA TERHADAP KETERAMPILAN HEADING PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA NEGERI 1 IMOGIRI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Yoga Dwi Nugroho.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Heading merupakan salah salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola. Kurangnya porsi latihan heading di ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri. Latihan juggling bola menggunakan kepala diduga mampu memberikan peningkatan atau pengaruh terhadap keterampilan heading siswa peserta ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan juggling bola menggunakan kepala terhadap keterampilan heading sepakbola di ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Subjek dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri, dengan jumlah 20 anak. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen berupa tes keterampilan heading dari Nurhasan, yang memiliki validitas 0,76 dan reabilitas 0,78. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan t hitung sebesar – 11,69881 lebih besar dari t tabel sebesar 2,09302 (11,69881 > 2,09302), sehingga terdapat peningkatan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata dari 22,60 menjadi 28,90 terjadi peningkatan sebesar 7,30. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 32,30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan juggling bola menggunakan kepala terhadap keterampilan heading di ekstrakurikuler SMA N 1 Imogiri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, heading, juggling
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:00
Last Modified: 30 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57711

Actions (login required)

View Item View Item