PERBEDAAN TINGKAT KEBUGARAN KARDIOVASKULER SISWA SMPN 1 PATUK DENGAN SMPN 16 YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA TAHUN 2018

Rumaka, Dhiyas Risang (2018) PERBEDAAN TINGKAT KEBUGARAN KARDIOVASKULER SISWA SMPN 1 PATUK DENGAN SMPN 16 YOGYAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MOKO.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan pada dua sekolah yang sama-sama memiliki ekstrakurikuler sepakbola. SMP Negeri 1 Patuk latihannya sebanyak satu kali dalam seminggu, sedangkan SMP Negeri 16 Yogyakarta latihannya dua kali dalam seminggu. Materi yang dilatihkan dalam ekstrakurikuler sepakbola adalah sama mengenai teknik dasar sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran kardiovaskuler siswa SMP Negeri 1 Patuk dengan siswa SMP Negeri 16 Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah 63 siswa yang terdiri dari 32 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Patuk dan 30 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 16 Yogyakarta. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan bleep test dengan validitas 0,915 dan reliabilitas 0,868. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan pemaparan data dalam bentuk persentase. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan uji Levene Test, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Z (Mann-Whitney). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kebugaran kardiovaskuler SMP Negeri 1 Patuk dengan siswa SMP Negeri 16 Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola diterima dengan nilai z hitung lebih besar dari z tabel (0,613 > 0,349). Kebugaran kardiovaskuler siswa SMP Negeri 1 Patuk yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dengan rerata sebesar 35,48 lebih baik dari pada siswa SMP Negeri 16 Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola dengan rerata sebesar 34,18.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran kardiovaskuler, ekstrakurikuler sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57709

Actions (login required)

View Item View Item