PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Surani, Endang and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD fisika berbasis representasi ganda yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika pokok bahasan usaha dan energi peserta didik SMA; (2) mengetahui besar peningkatan minat belajar peserta didik pada materi usaha dan energi melalui LKPD fisika berbasis representasi ganda; dan (3) mengetahui besar peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi melalui LKPD berbasis representasi ganda. LKPD ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Klaten terhadap peserta didik kelas X semester II. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LKPD serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan RPP, soal pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli dan validator praktisi yang dianalisis menggunakan Sbi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik. Hasil ujicoba terbatas kemudian dianalisis guna mengetahui kelayakan LKPD dari sudut pandang peserta didik. Uji luas dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil ujicoba terbatas. Hasil akhir uji luas berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai standard gain sebagai hasil peningkatan minat dan hasil belajar Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis representasi ganda yang layak digunakan, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli dan validator praktisi yang memperoleh skor 67 (sangat baik) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peseta didik SMA; (2) peningkatan minat belajar peserta didik melalui LKPD berbasis representasi ganda dengan standar gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang; (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik melalui LKPD berbasis representasi ganda sebesar 0,55 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Representasi Ganda, minat belajar, hasil belajar fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 23 Jul 2018 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57706

Actions (login required)

View Item View Item