ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER FRAKSI ETIL ASETAT DAUN BENALU (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) PADA TANAMAN MINDI (Melia azedarach)

Lutfia, Nurul (2018) ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER FRAKSI ETIL ASETAT DAUN BENALU (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) PADA TANAMAN MINDI (Melia azedarach). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam fraksi etil asetat daun benalu (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) yang menempel pada tanaman mindi (Melia azedarach) menggunakan teknik pemisahan Kromatogravi Kolom Gravitasi (KKG). Daun benalu diekstraksi secara maserasi dengan pelarut etanol. Kemudian ekstrak etanol yang diperoleh dipartisi menggunakan n-heksana, kloroform, dan etil asetat. Fraksi etil asetat dimurnikan lebih lanjut menggunakan kromatografi kolom gravitasi (KKG). Selanjutnya fraksi yang sudah menunjukkan noda tunggal kemudian diuji kemurniannya menggunakan 3 jenis pelarut yang berbeda dan diidentifikasi menggunakan UV-Vis, IR, dan GC-MS. Senyawa metabolit sekunder yang dapat diisolasi dari fraksi etil asetat daun benalu (Dendrophthoe falcata (L.f) Ettingsh) adalah senyawa relatif nonpolar dari jenis sterol. Dari hasil identifikasi menggunakan UV-Vis, IR, dan GC-MS senyawa yang diperoleh mengandung stigmast-5-en-3-ol, (3.beta) dengan kelimpahan 6,49%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 16:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57696

Actions (login required)

View Item View Item