IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017/2018

Agustina, Sandra (2018) IDENTIFIKASI HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL TAHUN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SANDRA AGUSTINA_14604221066.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa tinggi hambatan pelaksanaan pembelajaran renang di SD N Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul tahun 2017/2018. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 22 orang yang ditentukan dengan menggunakan anggota populasi sebagai sampel/ sampling jenuh. Penelitian ini dari 34 butir soal yang valid dengan alternatif jawaban Sangat Setuju (ST), Setuju (S), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS). Berdasarkan perhitungan uji reliabilitas diperoleh hasil 0,980. Hasil dihitung dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan dipersentasekan. Hasil penelitian mengenai identifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran renang SD N di Kecamatan Sewon tahun 2017/2018 pada kategori sangat tinggi sebesar 4,55%, kategori tinggi sebesar 31,82%, kategori cukup sebesar 36,36%, kategori rendah sebesar 22,73%, kategori Sangat rendah sebesar 4,55%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan, pembelajaran, renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Jul 2018 08:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57672

Actions (login required)

View Item View Item