PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL MELALUI MEDIA FLASHCARD BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

Ridha Ayu, Ndaru Murti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA FUNGSIONAL MELALUI MEDIA FLASHCARD BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ridha Ayu Ndaru Murti_13103244016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan proses kemampuan membaca fungsional melalui media flashcard bagi anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan kolaborasi peneliti dengan guru kelas II di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu 2 siswa tunagrahita ringan kelas II, yang terdiri 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Objek penelitian yaitu kemampuan membaca fungsional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Penelitian menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media flashcard dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan proses kemampuan membaca fungsional siswa tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, siswa antusias dalam pembelajaran membaca menggunakan media flashcard. Peningkatan kemampuan membaca ditunjukkan dengan subyek mampu mengeja huruf, mengucapkan suku kata dan mengucapkan kata dengan tepat dalam membaca label produk makanan, produk obat-obatan dan produk peralatan mandi, mampu membedakan huruf yang memiliki bentuk mirip dan mampu mengucapkan kata pada produk dengan tepat tanpa menggunakan media. Tindakan pada siklus II semua subyek mencapai target yang ditentukan yaitu 75%. Peningkatan kemampuan membaca fungsional subyek A dengan total 21,48% dari kemampuan awal 71,11% meningkat 11,85% menjadi 82,96% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat 9,63% menjadi 92,59%. Subyek I meningkat dengan total 24,44% dari kemampuan awal 65,18% meningkat 8,89% menjadi 74,07% pada siklus I dan pada siklus II meningkat 15,55% menjadi 89,62%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:28
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57657

Actions (login required)

View Item View Item