Hidrofobisitas dan Aktivitas Antibakteri Serat Poliester Terlapisi Senyawa Silan dan Terdeposit Nanopartikel Perak Menggunakan Pereduksi Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) dengan Variasi Pencucian

Yulianto, Ady (2018) Hidrofobisitas dan Aktivitas Antibakteri Serat Poliester Terlapisi Senyawa Silan dan Terdeposit Nanopartikel Perak Menggunakan Pereduksi Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle L.) dengan Variasi Pencucian. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
MODIFIKASI SERAT POLIESTER ANTIBAKTERI.docx

Download (11kB)

Abstract

Modifikasi serat poliester antibakteri dilakukan dengan menggunakan senyawa silan dan nanopartikel perak. Preparasi nanopartikel perak dilakukan dengan metode reduksi menggunakan pereduksi alami yaitu ekstrak daun sirih (Piper betle L.) dan dikarakterisasi dengan spektrofotometri UV-Vis. Pengukuran aktivitas antibakteri dilakukan terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 35218 dan Staphylococcus aureus ATCC 25923 menggunakan metode difusi. Signifikansi aktivitas antibakteri dianalisis dengan program SPSS yaitu uji Anova, uji lanjut LSD dan t-independent. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal aktivitas antibakteri sampel Poliester tanpa modifikasi dengan sampel Poliester yang dimodifikasi terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Kata kunci: Aktivitas antibakteri, Daun sirih, Nanopartikel perak, Serat poliester, dan Senyawa silan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:18
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57649

Actions (login required)

View Item View Item