PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI SENAM LANTAI GULING DEPAN UNTUK KELAS X DI SMK KARYA RINI

Prakoso, Muhammad Lintu Aji (2018) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI SENAM LANTAI GULING DEPAN UNTUK KELAS X DI SMK KARYA RINI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
REVISI UJIAN SKRIPSI LINTU AJI PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi senam lantai guling depan untuk kelas X di SMK Karya Rini. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap analisis untuk mengetahui masalah dan kebutuhan di SMK Karya Rini. Tahap desain dengan mendesain media gambar sesuai dengan hasil analisis. Tahap pengembangan dengan validasi ahli materi dan validasi ahli media. Selanjutnya tahap implementasi dengan di uji coba kepada peserta didik melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Tahap evaluasi dengan mengumpulkan hasil revisi berupa saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki kualitas produk media gambar. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas X di SMK Karya Rini. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Data hasil validasi ahli materi aspek kualitas materi pembelajaran memiliki tingkat pencapaian 98% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli media aspek tampilan memiliki tingkat pencapaian 88% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba perorangan, hasil penilaian dari aspek tampilan, materi, dan pembelajaran memiliki tingkat pencapaian 89,33% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok kecil, hasil penilaian dari aspek tampilan, materi, dan pembelajaran memiliki tingkat pencapaian 87,93% dengan kategori “Baik”. Pada uji coba kelompok besar, hasil penilaian dari aspek tampilan, materi, dan pembelajaran memiliki tingkat pencapaian 88,37% dengan kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media gambar, senam lantai, guling depan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57644

Actions (login required)

View Item View Item