PERBEDAAN ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Hidayah, Isnaini Rahma (2018) PERBEDAAN ANTARA MODEL KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Isnaini Rahma Hidayah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang berarti antara dua tipe model pembelajaran kooperatif. Kedua tipe tersebut adalahBertukar Pasangan dengan Make A Match dalam upaya meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menerapkan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaweron Muntilan dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari 25 butir soal yang diujicobakan terdapat 15 butir soal yang dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson dan diperoleh nilai koefisien alpha reliabilitas 0,814 (pada kategori tinggi). Teknik analisis data dengan statistik inferensial Pengujian hipotesis dengan membandingkan mean, uji N-Gain serta t test dari kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Mean posttest pada kelas bertukar pasangan menunjukkan 83,75 sedangkan mean posttest pada kelas make a match menunjukkan 81,67. Untuk uji N Gain kelas Bertukar pasangan menunjukkan 0,70 sedangkan uji N Gain pada kelas make a match menunjukkan 0,67. Hasil uji N Gain tersebut kemudian disesuaikan dengan kriteria pada hasil Uji N Gain. Di mana kedua hasil uji N Gain tersebut berada pada kriteria : 0,3 ≤ N-gain ≤ 0,7 (dalam kategori Sedang). Kata kunci: Model Kooperatif, Bertukar Pasangan, Make A Match, Hasil BelajarPecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57632

Actions (login required)

View Item View Item