UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2

Nurainingtias, Pramestiara Yayang (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Pramestiara Yayang Nurainingtias.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sederhana melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2 semester II tahun ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini juga untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika dengan menerapkan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2 semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik observasi digunakan dalam memperoleh data terkait proses pembelajaran sedangkan teknik tes digunakan dalam memperoleh data hasil belajar siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta soal tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sederhana dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Domban 2. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria baik dengan persentase keberhasilan 76,1% kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kriteria sangat baik dengan persentase keberhasilan 87,5%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 60,9 meningkat menjadi 71,1 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 15 siswa atau sebesar 68,2%. Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 20 siswa atau sebesar 90,9%. Kata kunci: hasil belajar matematika, pendidikan matematika realistik, bangun ruang sederhana, dan kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Jul 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57631

Actions (login required)

View Item View Item