PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Pangesti, Riska Yulian and Juli, Astono (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
12. SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran puzzle fisika yang layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan materi dan minat belajar fisika peserta didik SMA, (2) mengetahui peningkatan penguasaan materi peserta didik SMA menggunakan media pembelajaran puzzle fisika, dan (3) mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik SMA menggunakan media pembelajaran puzzle fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) menurut Borg and Gall. Metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall terdiri dari enam tahap yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Produk penelitian yang dihasilkan berupa media pembelajaran puzzle fisika pada materi teori kinetik gas. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari uji coba terbatas pada kelas XI IPA 2 SMA Al Irsyad Cilacap dan uji coba lapangan pada kelas XI IPA 1 SMA Al Irsyad Cilacap. Kelayakan produk puzzle fisika diperoleh melalui rerata hasil penilaian oleh validator serta hasil respon peserta didik. Peningkatan penguasaan materi peserta didik diketahui berdasarkan hasil pretest dan postest, sedangkan peningkatan minat belajar peserta didik diketahui berdasarkan hasil angket minat belajar sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media puzzle fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran puzzle fisika pada materi teori kinetik gas yang dikembangkan layak untuk digunakan pada peserta didik kelas XI IPA di SMA Al Irsyad Cilacap berdasarkan penilaian dari dosen ahli dan guru mata pelajaran fisika dengan skor Sbi sebesar 4,00 (sangat baik), serta hasil respon peserta didik pada media puzzle I dan II dengan skor Sbi sebesar 3,11 (sangat baik) dan 3,01 (sangat baik), (2) media pembelajaran puzzle fisika mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan perolehan nilai gain sebesar 0,67 (sedang), dan (3) media pembelajaran puzzle fisika mampu meningkatkan minat belajar fisika peserta didik SMA dengan perolehan nilai gain sebesar 0,41 (sedang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran puzzle fisika, teori kinetik gas, penguasaan materi, minat belajar.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 Jul 2018 01:25
Last Modified: 30 Jan 2019 16:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57630

Actions (login required)

View Item View Item